fb_img_1547454646058

Cagar Budaya Leluhur Nusantara yg masih ada ialah DESA. Desa atau “swadesi” yang berarti tempat asal atau tanah leluhur yang merajuk pada satu kesatuan hidup dengan satu kesatuan norma dengan batas yang jelas. Hari ini Senin 14 Januari 2019 adalah hari bersejarah dimana Jokowi Presiden Joko Widodo bertemu Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang berjumlah puluhan ribu orang di Istora Senayan, Jakarta. Pertemuan ini merupakan respons Presiden terhadap tuntutan dari PPDI.

Guru Mamang pernah menyampaikan coba lihat Angka 17. 45, dimana itu angka yang dirayakan setiap tahunnya sebagai Hari Kemerdekaan dan BerSATUnya seluruh elemen bangsa. Coba baca QS 17, 4 dan 5, apa yang tertera disana, Mamang langsung meluncur lihat aplikasi ternyata QS Al Isra yang berisikan bahwa awal mula kebangkitan adalah dimulai dari Desa, dari Kampung- kampung yang kemudian merajalela sampai ke kota. Saat ini apa yang tertuang dalam ayat tersebut nyata adanya, dengan adanya Dana Desa yang tiap tahun makin bertambah, maka Desa tidak hanya jadi penonton, tapi ikut menikmati pembangunan dan malah menjadi ujung tombak perekonomian nasional. Contoh Desa di Klaten Jawa Tengah dengan Umbul Pongoknya yang menghasilkan Rp. 12 Milyar setahun, melalui Program Desa Wisatanya telah membukakan mata kita semua bahwa kalau kita kreatif, kita inovatif, Desa punya potensi besar bisa menciptakan lapangan kerja dan multiplier efek yang berkelanjutan.

QS Al Isra 17, Ayat 4 dan 5, “Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu: “Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar”. “Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana”.

Dana Desa dan besarnya kepedulian Jokowi pada Aparat Desa merupakan bukti nyata yang terasa kepada seluruh masyarakat Indonesia.

#KahartosKaraosBuktos
#DesaBerSATU #RakyatBerSATU #IndonesiaBerSATU

Advertisements