CiujungXAssalamualaikum & Sampurasun,
Setelah berhasil membangun Tajug An Nur Cahaya Illahi Cipaku dan MCK di Mata Air Ciujung, petilasan Hyang Prabu Guru Haji Aji Putih (Eyang Haji) yang abad ke-7 M pergi ke Mekah Al Mukaromah dan menunaikan Ibadah Haji setelah berguru langsung kepada Sayidina Ali. Program berikutnya adalah Wakaf Bersama Membangun Ekonomi Rakyat Berbasis Kabuyutan dengan Mengembangkan Pemandian Alami Balong Karomah Ciujung dengan Tagline, “kacai jadi saleuwi, ka kulah jadi barokah“. Program pemberdayaan masyarakat untuk merawat tradisi leluhur melestarikan Sumur Mata Air Ciujung yang dahulu disebut Pangparatan/ Terusan Sumur Zam-zam Mekah. Hal tersebut merupakan simbol terusan Ilmu Rasulullah SAW yang diturunkan kepada Sayidina Ali kemudian diteruskan kepada Eyang Haji hadir di Mata Air Ciujung Astana Gede Cipaku. Sepulang dari Mekah Eyang Haji membangun Tajug/ Mushola dan tempat wudlu, dan memulai Tradisi Khitan. Sebelum dikhitan anak- anak dimandikan dulu di Sumur Ciujung lalu kemudian berziarah ke Situs Batu Satangtung Astana Gede Cipaku yang merupakan simbol nangtungnya / tegaknya Cahaya Illahi. Khitanan adalah simbol mulainya akhil balig sehingga sejak itulah anak- anak diwajibkan mulai mengenal Jatidiri dan Jatigede, dirinya sendiri dan Tuhan YME. Besar harapan kami seluruh anak- anak Sumedang dan Nusantara sebelum dikhitan dimandikan dulu di Balong Karomah Ciujung agar Spirit Tauhid Cipaku Cahaya Illahi Eyang Haji yang merupakan Penerus Sayidina Ali dan Rasulullah SAW dapat tertanam dalam hati anak- anak generasi penerus bangsa kita. Untuk orang tuanya sebelum menunaikan Ibadah Haji ada baiknya mandi suci/ kumkum di Mata Air Ciujung dan berziarah ke Situs Batu Satangtung Astana Gede Cipaku untuk mengokohkan kembali Tauhid, nangtungkeun/ menegakan kembali Cahaya Illahi di dalam diri, sebelum naik haji dan mendapat gelar haji. Amiin yra.

Update Wakaf Gotong Royong BUMR Balong Karomah Ciujung, Kabuyutan Cipaku Jatigede

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar, Alhamdulillah hanupis bertambah terus yang berkenan ikutan Wakaf Bersama Rereongan Membangun Memodali Badan Usaha Milik Rakyat Kabuyutan Cipaku yang akan membangun Balong Karomah Ciujung yang memiliki Spirit “Ka Cai Jadi Saleuwi Ka Kullah Jadi Barokah”, Spirit Persatuan dan Kesatuan yang didadari semangat gotong royong dan sabilulungan bukan untuk diri pribadi tapi untuk semuanya, utk masyarakat sehingga manfaatnya bisa dirasakan bersama.

Sabilulungan, Gotong Royong adalah Spirit Khas Indonesia yang ditakuti Sekutu dan Belanda. Terbukti dgn Gotong Royong semua mau bergerilya bermodal Bambu Runcing dan Senjata Bekas kita bisa memukul mundur Walanda dan kita bisa merdeka. Sekali lagi Jazakallahu Khairan Katsira Insya Allah akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT, karena Transaksi ini bukan dgn manusia tapi dgn Allah SWT dan sesuai dgn ayat dibawah ini maka tiada kesempitan ketika kita bekerja di Jalan Allah SWT.

Haji (Al-Ĥaj):78 – Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Cahaya (An-Nūr):35 – Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Saat ini dibutuhkan modal Rp. 50jt utk menata, menembok balong dan memasang batu alam sehingga bisa digunakan utk Pemandian Alami, Balong Karomah Ciujung Kabuyutan Cipaku. Alhamdulillah sudah ngeureuyeuh Wakaf Bersama Bertambah Terus diantaranya dari:
1. Kabayan Feat Iteung Family : 3jt
2. Dr. Enih Rosamah, Dosen Univ Mulawarman, Kalimantan : 1jt
3. Agung Satriyadi, TI ITB : 1.5jt
4. Chui Balakecrak Ngaprak: 1jt
5. Ambu Ebay Heniawati, Komunitas Embah Cipaku : 1jt
6. Mama Ayi Hambali, Gerakan Pilihan Sunda : 1.5jt

Total sudah ada 9 jt, masih kurang 41 jt tapi Insya Allah haqul yakin Mamang hanya bisa berserah diri kepada Allah SWT biar Allah SWT yg menggerakan semuanya. Yang berkenan memberi tanpa harus berfikir utk menerima, berkontribusi pada umat bukan utk diri pribadi.

Dengan spirit #TitikBa #Bismillah ngeureuyeuh sebagaimana BRI dibangun dari Kas Mesjid sekarang asetnya 400an trilyun, semoga BUMR ini juga tumbuh berkembang menjadi penggiat ekonomi rakyat, ekonomi pancasila, ekonomi Allah SWT karena semua transaksi didasari Jihad Fisabilillah, Jalan Tuhan, Jalan Keselamatan, Jalan Terang, Jalan Ceto. Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar, Kun Fa Ya Kun!

Mangga, yang tertarik ikutan Wakaf Sabilulungan Gotong Royong dipersilahkan utk transfer ke Kang Ahmad Taufik Sirojudin, beliau Cucunya Aki Ohed Kuncen Kabuyutan Cipaku yang sedang disemangati untuk menjadi penerus Aki Ohed sebagai Penggiat Kabuyutan, Bayt, Buyut, Buyutun, Baytullah, Tempat Mengenal Allah SWT. Bank BRI Cabang Sumedang No. 009401053746507, Atas nama: A Taufik Sirojudin.

Hanupis ka sadayana,
Mang Asep Kabayan
Komunitas Kabuyutan Cipaku
Jatigede Darmaraja Sumedang

Advertisements